Fasilitas

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

1

Bimbingan dan Konseling

Pelayanan bimbingan dan konseling yang telah diberikan kepada mahasiswa Ilmu Pemerintahan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Adapun pelayanan yang selama ini yang telah dilaksanakan dalam bidang akademik adalah:

1. Bimbingan Dosen Penasehat Akademik (PA)

Mahasiswa Program Ilmu Pemerintahan telah mendapatkan bimbingan dan konseling dari Dosen Penasehat Akademik (PA) sekurang-kurangnya satu kali dalam setiap semester guna pemrograman KRS. Mahasiswa juga berkesempatan untuk melakukan bimbingan dan konsultasi kepada Dosen Penasehat Akademik masing-masing apabila ada permasalahan terkait dengan perkuliahan.

2. Pembimbingan Skripsi

Target penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya yaitu 6 bulan hingga 1 tahun. Agar target tersebut dapat terpenuhi maka Program Studi Ilmu Pemerintahan melakukan upaya sebagai berikut:

  • Menerbitkan kartu kendali pembimbingan skripsi sebagai control bagi mahasiswa dalam melakukan bimbingan skripsi.
  • Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi berdasarkan kesesuaian tema yang diambil oleh mahasiswa dengan bidang keilmuan dan keahlian dosen
  • Mahasiswa berhak untuk merekomendasikan dosen pembimbing skripsi yang akan memberikan bimbingan untuk penyelesaian skripsi mahasiswa.
  • Setiap mahasiswa mendapatkan 2 pembimbing skripsi yang akan memberikan bimbingan kepada mahasiswa untuk menyelesaian skripsi sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

3. Bimbingan Lomba Karya Tulis Ilmiah atau Kegiatan  Akademik  lainnya.

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan seringkali mengikuti lomba karya tulis ilmiah seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) serta lomba karya ilmiah lainnya yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya ataupun pihak luar. Program Studi Ilmu Pemerintahan memberikan bimbingan dan konseling bagi mahasiwa yang ingin mengikuti perlombaan karya tulis ataupun kegiatan akademik lainnya. pembimbingan dilakukan untuk mendukung mahasiswa agar memperolah hasil yang maksimal serta menjuarai perlombaan karya ilmiah baik tingkat universitas dan nasional.

4. Informasi Karir

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan dapat memperoleh informasi karir baik dari Universitas, Fakultas maupun Program Studi. Universitas Brawijaya memberikan informasi karier melalui lembaga Jop Placement Centre (JPC) kepada seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya. Lembaga JPC seringkali menyelenggarakan job fair dengan informasi pekerjaan baik dari instansi pemerintah, BUMN ataupun swasta. Selain itu mahasiswa bisa datang langsung ke kantor JPC yang terletak disamping Perpustakaan Universitas Brawijaya untuk memperoleh informasi karir.

Fakultas juga memberikan informasi karir kepada mahasiswa melalui papan pengumunan, sehingga seluruh mahasiswa FISIP memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses informasi tentang lowongan kerja yang diperuntukkan bagi lulusan FISIP Universitas Brawijaya.

Program studi Ilmu Pemerintahan juga memberikan informasi karir melalui kegiatan Government Job Fair (GJF) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Kegiatan ini berisi seminar tentang dunia kerja serta mengundang beberapa instansi pemerintah maupun non-pemerintah.

5. Konseling mahasiswa

Di FISIP UB telah didirikan Badan Konseling Mahasiswa (http://fisip.ub.ac.id/pendidikan/badan-konseling-mahasiswa). Badan ini didirikan sebagai upaya di tingkat fakultas untuk memberikan bantuan mahasiswa dalam menghadapi permasalahan sehari-hari yang muncul dan dimungkinkan mempengaruhi aktifitas sehari-hari yang berdampak pada performa akademik mahasiswa. Badan konseling mahasiswa ini dikelola oleh dosen-dosen dari Jurusan Psikologi FISIP UB yang ditunjuk oleh Fakultas atas kompetensinya dalam melakukan konseling mahasiswa. Mahasiswa bisa melakukan akses secara online terkait dengan jadwal konseling dengan melakukan pendaftaran online melalui:  http://bit.ly/konselingfisip atau melakukan komunikasi via email melalui: badankonselingfisip@ub.ac.id.

2

Minat dan Bakat (Ekstrakurikuler)

Program Studi Ilmu Pemerintahan mendorong adanya kegiatan khusus yang menampung minat dan bakat mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Program Studi Ilmu Pemerintahan melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP). HIMAP secara rutin telah membuat kegiatan-kegiatan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Berikut merupakan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan:

  1. Gov-Basket, merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam olahraga basket.
  2. Gov-Badminton, merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam olahraga Badminton
  3. Gov-Futsal, merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam olahraga futsal.
  4. Gov-Music, merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang musik.
  5. Tinta Himap, merupakan kegiatan yang diperuntukkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk menyalurkan minat dan bakat menulis.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa Ilmu Pemerintahan juga tergabung di dalam unit-unit kegiatan khusus baik di tingkat fakultas ataupun universitas. Di tingkat fakultas mahasiswa Ilmu Pemerintahan aktif di beberapa unit kegiatan mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan unit kegitan lainnya seperti dalam bidang kepenulisan, olahraga, kerohanian dan lain sebagainya (http://fisip.ub.ac.id/kemahasiswaan-alumni/organisasi-kemahasiswaaan). Hal serupa juga berlaku di tingkat Universitas, mahasiswa Ilmu Pemerintahan aktif di beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas. Saat ini terdapat 24 UKM yang ada di lingkup Universitas Brawijya (https://ub.ac.id/id/campus-life/student-activity-unit/).  Melalui kegiatan-kegitan ini mahasiswa Ilmu Pemerintahan dapat mengasah minat, bakat ataupun soft skill dan dapat berprestasi dalam bidang yang diminatinya.

3

Pembinaan soft skills

1. Praktik Kerja Nyata (PKN)

Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISP Universitas Brawijaya diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Nyata (PKN) sebagai salah satu syarat kelulusan. Program Praktik Kerja Nyata ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiwa melakukan kegiatan secara langsung di dunia kerja sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana teori yang dipelajari diaplikasikan di dunia kerja sekaligus mampu meningkatkan skill yang diperoleh selama berada di lingkungan kerja. Tujuan dari dilangsungkannya program Praktik Kerja Nyata (PKN) ini adalah untuk menjadikan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan semakin siap secara teori maupun skill untuk masuk ke dunia kerja. Lokasi Praktik Kerja Nyata merupakan pilihan mahasiswa yang disesuaikan dengan keinginan dan minat pekerjaan yang diinginkan kedepannya. Praktik Kerja Nyata dilakukan di instansi pemerintah baik di tingkat pusat atau daerah, BUMN, ataupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Jangka waktu pelaksanaan PKN yaitu 1 sampai 3 bulan.

2. Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda)

Program Studi Ilmu Pemerintahan memiliki Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda) yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa dan dosen ilmu pemerintahan. Fungsi dari laboratorium ini yaitu sebagai sarana praktikum bagi mahasiswa dalam penguasaan metodologi penelitian, serta memfasilitasi penelitian dosen maupun penelitian mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan laboratorium dapat mengembangkan soft skills mereka karena adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerjasama dengan dosen dalam pengembangan laboratorium. Selain dalam pengembangan laboratorium, mahasiswa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat semakin trampil dalam melakukan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat maupun dalam kegiatan pengembangan keilmuan Ilmu Pemerintahan. Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda) juga memberikan pembimbingan dan pendampingan kegiatan ilmiah mahasiswa seperti dalam kegiatan penulisan karya ilmiah, program kreatifitas mahasiswa maupun kegiatan lainnya yang bertujuan untuk peningkatan soft skills mahasiswa.

3. Pengembangan soft skills dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan:

Selain dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Pengembangan soft skills juga dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Berikut merupakan pelatihan-pelatihan yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan:

  • Diskusi Ilmiah

Merupakan kegiatan diskusi mahasiswa untuk mengkaji suatu fenomena sosial yang terjadi di sekitar mahasiswa atau masyarakat. Tujuan dari diskusi ilmiah yaitu untuk memantik minat diskusi dan melatih kepekaan serta nalar kritis mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

  • Leadership of Government

Merupakan kegiatan rutin Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk membangun solidaritas dan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru ilmu pemerintahan.

  • Pelatihan Debat

Merupakan kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang tujuannya untuk melatih softskills mahasiswa dalam beretorika.

  • Seminar Nasional “Youth Entrepeneure”

Merupakan kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang tujuannya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi Mahasiswa Ilmu Pemerintahan

  • Sekolah Integritas

Merupakan kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan bekerjasama dengan IFI (Institute for Integrity) yang tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai integritas pada mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

4

Beasiswa

Beasiswa untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan menginduk pada program beasiswa Universitas Brawijaya. Berikut merupakan beasiswa yang telah diterima mahasiswa Ilmu Pemerintahan selama tahun 2013-2017:

1. Beasiswa Bidikmisi

Setiap tahun terdapat mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang menerima beasiswa BIDIKMISI. Terdapat 71 mahasiswa ilmu pemerintahan yang menerima beasiswa Bidikmisi. Angkatan 2013 (10 mahasiswa), angkatan 2014 (18 mahasiswa), angkatan 2015 (15 mahasiswa), angkatan 2016 (11 mahasiswa) dan angkatan 2017 (17 mahasiswa)

2. Beasiswa PPA dan BBP PA

Tahun 2014 terdapat 15 mahasiswa penerima beasiswa PPA (akademik & non-akademik) dan 15 mahasiswa penerima beasiswa BBP PA. Tahun 2015 terdapat 11 mahasiswa penerima beasiswa PPA (akademik & non-akademik) dan 13 mahasiswa penerima beasiswa BBP PPA. Tahun 2016 terdapat 6 mahasiswa penerima beasiswa PPA. Tahun 2017 terdapat 34 mahasiswa penerima beasiswa PPA.

3. Beasiswa lain

Beasiswa I-MHERE 2010 (1 mahasiswa) Beasiswa Cimb Niaga Syariah (1 mahasiswa), Beasiswa Bank Indonesia (2 mahasiswa), Beasiswa Bakti BCA (2 mahasiswa), Beasiswa BCA Finance (1 Mahasiswa, Beasiswa Marga Jaya (3 mahasiswa), Beasiswa LG (2 mahasiswa), Beasiswa PGN (2 mahasiswa) dan Beasiswa Pemkab Bulungan 1 mahasiswa.

Selain beasiswa-beasiswa tersebut, masih banyak beasiswa yang dapat diakses mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Mahasiswa dapat mengakses informasi beasiswa melalui website http://beasiswa.ub.ac.id atau langsung menghubungi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Informasi beasiswa bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan juga diberikan oleh Himpunan mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Program Studi Ilmu Pemerintahan berperan dalam memberikan bimbingan akademik melalui dosen Pembimbing Akademik (PA) apabila diperlukan.

5

Kesehatan

Universitas Brawijaya memberikan layanan kesehatan kepada mahasiswa dan civitas akademika Universitas Brawijaya dengan menyediakan Poliklinik yang dikelola oleh pihak Universitas Brawijaya. Layanan Poliklinik buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.00. Besarnya biaya dan hal-hal lain terkait dengan Poliklinik sesuai dengan ketentuan pihak Universitas yang tertuang dalam SOP klinik.

6

Asrama

Universitas Brawijaya Malang juga menyediakan asrama bagi mahasiswa sebagai salah satu pelayanan yang diberikan Universitas kepada mahasiswa. Dengan adanya asrama tersebut bagi sebagian mahasiswa tidak kesulitan mencari kos sebab ada alternatif asrama sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya Malang. Selain lokasinya yang strategis karena berada di lingkungan kampus UB dan harga yang murah memiliki fasilitas antara lain, free wifi, ATM BCA, mushola, Koperasi Mahasiswa (Kopma), ruang tamu.

7

Bank

Universitas Brawijaya Malang juga bekerja sama dengan bank-bank nasional dan swasta (Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN dan lain- lain) sebagai upaya mempermudah pelayanan keuangan bagi mahasiswa. Jadi, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh mengurus berbagai hal terkait dengan keuangan mereka karena berbagai sarana perbankan telah tersedia di Universitas Brawijaya Malang seperti: ATM dan Kantor Pelayanan.

8

Masjid

Salah satu sarana pelayanan lainnya yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan adalah Mushola. Sebagai sarana ibadah, masjid penting bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan ibadah. Sebagian mahasiswa juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat berkumpul dan saling berdiskusi misalnya saja untuk unit kerohanian Islamic Social Science Community (ISSC).

9

Laboratorium

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya memiliki laboratorium yang berfungsi sebagai sarana melatih mahasiswa dalam penguasaan metodologi penelitian dalam pengajaran ilmu pemerintahan melalui praktikum di laboratorium, memfasilitasi penelitian dosen dan penelitian mahasiswa dengan peralatan dan program aplikasi penelitian yang ada di laboratorium, misalnya software penelitian kuantitatif dan statistika SPSS yang dibantu dengan aplikasi worksheet excell dan microsoft access.

10

Gedung Olahraga (GOR)

Gedung Olahraga merupakan salah satu fasilitas di Universitas Brawijaya yang dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga oleh mahasiswa. Dibangun atas prakarasa bersama Pertamina, Gedung Olahraga tersebut dibangun diantara gedung Samantha Krida dan Asrama Mahasiswa Universitas Brawijaya.

11

Gazebo

Gazebo merupakan salah satu sarana prasarana yang dimiliki oleh kampus maupun fakultas. Gazebo merupakan tempat yang nyaman untuk mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar, mengerjakan tugas- tugas kuliah, diskusi dan menjelajahi informasi serta pengetahuan melalui internet. Keberadaan gazebo yang nyaman untuk aktivitas mahasiswa dilengkapi dengan stop kontak, free area hotspot dan meja kursi.

12

Wifi Internet Acces

Salah satu fasilitas utama yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya maupun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) adalah akses internet nirkabel atau wifi. Kapasitas bandwith per mahasiswa FISIP saat ini adalah 20 – 40 Kbps, semua lokasi fakultas juga telah tersambung dengan wifi baik di gedung baru maupun di gedung kuliah bersama (13 hotspot area). Mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan menggunakan akun yang mereka peroleh ketika menjadi mahasiswa baru dan terintegrasi dengan Sistem Akademik Mahasiswa (SIAM) dan Brawijaya Authentication and Identification System (BAIS)

13

Kantin

Salah satu fasilitas yang ada di kampus dan selalu dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah kantin. Keberadaan kantin ini selain untuk tempat makan, mahasiswa juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat berdiskusi.

14

Rumah Pintar

Rumah Pintar merupakan salah satu fasilitas yang dibangun melalui prakarsa antara Universitas Brawijaya dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Rumah Pintar tersebut berlokasi tepat disebelah kiri Samantha Krida dan dibangun di atas tanah seluas 400m² dengan bangunan 2 lantai seluas 400m². Keberadaan rumah pintar ini merupakan bentuk pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dalam menyediakan fasilitas baca dan pendidikan informal bagi anak- anak. Rumah pintar juga dimanfaatkan mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan- kegiatan pengabdian masyarakat misalnya pendidikan baca dan tulis bagi anak- anak jalanan.

15

Parkir Area

Salah satu fasilitas yang wajib dan sudah dimiliki oleh Universitas Brawijaya adalah parkir area. Keberadaan parkir yang cukup luas di setiap fakultas sangat menunjang terciptanya kondisi kampus yang tertib dan teratur. Fasilitas parkir area ini diperuntukkan untuk mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya.

16

Ruang Lobi/ Hall Gedung FISIP Lantai 7

Ruang Lobi atau Hall Gedung FISIP Lantai 7 merupakan salah satu sarana prasarana yang dimiliki oleh gedung FISIP. Ruang Lobi atau Hall Gedung FISIP Lantai 7 biasa dimanfaatkan untuk kegiatan pertemuan- pertemuan atau diskusi mahasiswa.

17

Perpustakaan

Perpustakaan Brawijaya merupakan salah satu Program Cakupan Universitas (Institutional Support System) yang berfungsi mendukung program akademik universitas yang tertuang dalam “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa peran perpustakaan dalam hal mendukung proses pendidikan antara lain adalah memberikan informasi, mengkoordinasikan dan menggabungkan semua bentuk layanan untuk meningkatkan proses belajar mengajar, penelitian dan layanan umum. Pada akhirnya tujuannya adalah tercapainya proses peningkatan kualitas lulusan dalam hal pengembangan wawasan dan penguasaan keilmuannya. Saat ini perpustakaan memiliki koleksi sejumlah 2.463 judul untuk 3.460 copy, diantaranya terdapat 1.025 jurnal serta 2 judul penelitian. Adapun untuk jenis bahan pustaka yang tersedia di ruang referensi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdapat 988 judul buku dan 46 jurnal, sejumlah 61 judul buku teks dan 76 copy yang sesuai dengan bidang Ilmu Pemerintahan.

18

Ruang Baca

Ruang Baca merupakan bagian dari program cakupan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya yang keberadaanya untuk menunjang kegiatan akademik serta penelitian dan layanan umum. Tujuan dari penyediaan ruang baca Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya adalah meningkatkan kualitas lulusan dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan penguasaan keilmuan. Saat ini ruang baca memiliki koleksi sejumlah 99 judul, 24 copy dan 4 jurnal.

19

Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP

Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP merupakan salah satu tempat di gedung FISIP yang cukup representatif dengan ukuran yang cukup luas. Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP ini banyak digunakan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan seminar- seminar dan kuliah tamu yang diselenggarakan oleh mahasiswa ataupun program studi.

20

Job Placement Cent er (JPC)

Universitas Brawijaya

Job Placement Centre (JPC) adalah lembaga yang didirikan di tingkat universitas sebagai tempat penyedia informasi tentang lowongan kerja semua Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya.JPC melakukan kerja sama dengan pihak event organizer bursa kerja untuk melakukan kegiatan pameran bursa kerja dan rekrutmen tenaga kerja bagi lulusan Universitas Brawijaya. Karena reputasinya, JPC juga menerima berbagai permintaan kerjasama dari institusi dan perusahaan yang sedang merekrut pegawai atau karyawan untuk melaksanakan proses rekrutmen pegawai dengan spesifikasi khusus lulusan Universitas Brawijaya.