Himpunan Alumni

Seluruh alumni Universitas Brawijaya tergabung dalam Ikatan Alumni Universitas Brawijaya. ikatan alumni Universitas Brawijaya Malang (IKA-UB) saat ini telah ada cabang di beberapa kota besar dan memberikan kontribusi yang besar terhadap bagi alumni maupun Universitas Brawijaya. Kegiatan alumni Universitas Brawijaya dapat dilacak secara online lewat: www.alumni.ub.ac.id .

Alumni Ilmu Pemerintahan selain tergabung dalam IKA Universitas Brawijaya, juga memiliki organisasi ikatan alumni sendiri yaitu IKA Ilmu Pemerintahan. Ikatan Alumni (IKA) Ilmu Pemerintahan adalah organisasi yang beranggotakan seluruh alumni Program Studi Ilmu Pemerintahan yang telah menyelesaikan jenjang pendidikannya. Organisasi IKA Ilmu Pemerintahan berdiri tanggal 21 Januari 2018.

Tujuan berdirinya organisasi ini yaitu:

  1. Menjaga, membina, dan mempererat hubungan kekeluargaan serta kerjasama antara sesama alumni dan civitas akademika Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya.
  2. Menumbuhkembangkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap almamater Universitas Brawijaya.
  3. Mengabdikan diri kepada masyarakat.
  4. Mengoptimalkan sumber daya alumni sebagai mitra pembangunan nasional.

Usaha yang akan dilakukan oleh IKA Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya yaitu:

  1. Menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan menumbuhkan rasa memiliki terhadap almamater guna terciptanya rasa kebersamaan antara sesama Alumni dalam rangka meningkatkan peranan, manfaat, fungsi dan mutu Organisasi.
  2. Memperjuangkan dan memelihara keberadaan, kepentingan, peranan, fungsi, serta kedudukan Organisasi di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melakukan kegiatan untuk meningkatkan mutu dan kemampuan Alumni secara professional.
  4. Menjalin dan membina kerjasama dengan lembaga terkait lainnya baik di dalam maupun di luar negeri yang bertujuan menciptakan kemaslahatan bagi sebanyak-banyaknya Alumni dan kemajuan Organisasi.
  5. Mengadakan usaha lainnya, sepanjang tidak bertentangan dengan asas, sifat dan tujuan Organisasi.

Adapun struktur organisasi IKA Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya periode 2018-2020 adalah sebagai berikut: