Organisasi Kemahasiswaan

Sampai Tahun 2010, program studi tidak memberikan kegiatan khusus menyangkut kegiatan ekstrakurikuler kepada mahasiswa. Hal ini dilandasi dengan penilaian program studi dimana ditingkat Fakultas dan ditingkat Universitas telah terdapat organisasi-organisasi kemahasiswaan serta unit aktivitas mahasiswa yang cukup beragam yang telah bisa digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan pengembangan diri baik di bidang keorganisasian, kepemimpinan maupun minat bakat. Hingga saat ini mahasiswa Ilmu Pemerintahan telah aktif dalam organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP), Badan Riset Ilmu Sosial (BARIS), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Perspektif hingga keterlibatan dalam forum internasional yang berlangsung di luar negeri. Berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan juga cukup banyak baik di lingkup internal Universitas Brawijaya, maupun di lingkup lokal Jawa Timur hingga lingkup Nasional. Di dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP), pengurus himpunan memiliki program yang diarahkan untuk meningkatkan iklim keorganisasian serta kepemimpinan dan peningkatan prestasi akademis maupun non akademis mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ilmiah mahasiswa semakin terasah dengan adanya unit-unit kegiatan yang ada yang membentuk proses pengasahan kemampuan akademis dan skill mahasiswa.

Selain unit-unit di atas, tumbuh dan berkembangnya organisasi kemahasiswaan di luar kampus seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan organisasi lainnya yang ada. Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan juga ada yang bergabung dan aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di luar kampus tersebut.

Bagi pengembangan bakat mahasiswa di lingkungan Universitas Brawijaya juga terdapat organisasi keolahragaan dan kesenian yang menjadi tempat penyalur dan pengembangan bakat mahasiswa. Prestasi di bidang olah raga dan kesenian juga telah diperoleh mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Dari beragamnya organisasi ekstrakurikuler yang ada telah memberikan kesempatan dan wadah bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk berprestasi dan memperkaya kemampuan di luar kegiatan akademis.