Facility

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

1

Bimbingan dan Konseling

Salah satu kegiatan utama dari didirikannya program studi adalah untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa yang masuk dalam Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya. Untuk itu, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya selalu mengupayakan melakukan optimalisasi pelayanan kepada mahasiswa Ilmu Pemerintahan baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik. Dengan demikian mahasiswa Ilmu Pemerintahan dapat diharapkan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang semakin meningkat, masa studi yang tidak lebih dari 4,5 tahun, memiliki skill dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta memiliki kemampuan berpikir yang kritis, konstruktif serta terbuka terhadap dinamika perkembangan keilmuan. Adapun pelayanan yang selama ini yang telah dilaksanakan dalam bidang akademik adalah:

  1. Meningkatkan Peran Dosen Penasehat Akademik (PA)

Untuk meningkatkan prestasi akademik dari mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya memberikan Dosen Penasehat Akademik kepada setiap mahasiswa. Dosen Penasehat Akademik ditentukan oleh Ketua Program Studi dan disyahkan dengan Surat Keputusan Dekan FISIP. Tugas dari Dosen Penasehat Akademik secara umum adalah memberikan pembimbingan akademik selama mahasiswa tersebut menempuh mata kuliah di Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya.

Dalam rangka membekali pengetahuan dan skill Dosen Penasehat Akademik, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Brawijaya menyelenggarakan Pelatihan Psikologi dan Konseling Bagi Dosen Penasehat Akademik.

Proses pembimbingan dilaksanakan mulai awal semester dua hingga mahasiswa lulus. Satu Dosen Penasehat Akademik sampai saat ini dibebani untuk melakukan pembimbingan antara 30-33 mahasiswa. Dengan demikan semakin banyaknya mahasuswa yang masuk ke Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya, maka kebutuhan akan rekrutmen dosen menjadi satu hal yang selalu dikomunikasikan kepada pihak fakultas sebagai pihak yang memiliki kewenangan untuk melakukan proses rekrutmen staf pengajar.

Proses pembimbingan yang diciptakan di Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk melakukan konsultasi jika menemui kendala, masalah maupun kebingungan dalam urusan akademik. Sekurang-kuranganya, mahasiswa melakukan bimbingan akademik minimal satu kali dalam satu semester, ketika melakukan pemrograman mata kuliah yang akan diambil.

  1. Mengefektifkan Pembimbingan Skripsi

Masa waktu menyelesaikan skripsi di lingkungan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya ditargetkan 6 bulan hingga 1 tahun. Untuk menyukseskan target di atas, berbagai upaya telah dilakukan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya untuk mengefektifkan masa penyusunan skripsi mahasiswa, ialah:

1. Menerbitkan Kartu Kendali sebagai media kontrol proses penyusunan skripsi mahasiswa

2. Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi mahasiswa berdasarkan kesesuaian tema skripsi dengan bidang keilmuan, keahlian dosen

3. Memberikan hak bagi mahasiswa untuk merekomendasikan dosen pembimbing yang diinginkan

4. Melakukan proses monitoring dan evaluasi (monev) secara bersama terhadap proses pembimbingan skripsi melalui rapat program studi

5. Mengefektifkan kerja dosen pembimbing untuk selalu memberikan semangat, asistensi dan konsultasi rutin kepada mahasiswa

3.Mengefektifkan Pembimbingan Lomba Karya Tulis Ilmiah atau Kegiatan Akademik lainnya.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya memiliki tingkat keaktifan yang cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan ilmiah seperti lomba karya ilmiah inovatif maupun Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tingkat universitas, nasional. Untuk menunjang dan mengarahkan proses kreatifitas akademik dari mahasiswa, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya membuka diri kepada mahasiswa untuk menjadi dosen pembimbing dalam menyusun dan mengikuti ajang ilmiah mahasiswa. Adanya proses pembimbingan turut mendukung pencapaian mahasiswa dalam ajang ilmiah, menjuarai beberapa ajang ilmiah ditingkat Universitas hingga tingkat Nasional.

  1. Memberikan informasi bahwa pelaksanaan semester pendek dilaksanakan setelah semester genap pada setiap akhir tahun ajaran. Semester pendek merupakan pemadatan pertemuan tatap muka di dalam kelas selama satu semester (3 bulan) menjadi satu bulan. Adapun tujuan dari semester pendek ini adalah sebagai usaha untuk perbaikan nilai dan penambahan ilmu bagi mahasiswa.

6. Informasi Karir

Dalam kegiatan Open Talk yang dilaksanakan secara reguler, program studi menyampaikan tentang karir ke depan bagi mahasiswa lulusan Ilmu Pemerintahan serta peluang-peluang karir yang bisa diakses oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

Di tingkat fakultas, penyampaian lowongan pekerjaan bagi mahasiswa lulusan FISIP juga dilakukan melalui papan pengumuman. Pihak fakultas juga membuka kesempatan bagi perusahaan yang sedang melakukan rekrutmen untuk menempel pengumuman di papan pengumuman Fakultas, sehingga seluruh mahasiswa FISIP memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses informasi tentang lowongan kerja yang diperuntukkan bagi lulusan FISIP Universitas Brawijaya.

Ditingkat Universitas, telah dibentuk sebuah lembaga bernama Job Placement Centre (JPC) sebagai tempat penyedia informasi tentang lowongan kerja semua Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya. Beberapa kali, JPC melakukan kerja sama dengan pihak event organizer bursa kerja untuk melakukan kegiatan pameran bursa kerja dan rekrutmen tenaga kerja bagi lulusan Universitas Brawijaya.

2

Minat dan Bakat (Ekstrakurikuler)

Sampai Tahun 2010, program studi tidak memberikan kegiatan khusus menyangkut kegiatan ekstrakurikuler kepada mahasiswa. Hal ini dilandasi dengan penilaian program studi dimana ditingkat Fakultas dan ditingkat Universitas telah terdapat organisasi-organisasi kemahasiswaan serta unit aktivitas mahasiswa yang cukup beragam yang telah bisa digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan pengembangan diri baik di bidang keorganisasian, kepemimpinan maupun minat bakat. Hingga saat ini mahasiswa Ilmu Pemerintahan telah aktif dalam organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP), Badan Riset Ilmu Sosial (BARIS), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Perspektif hingga keterlibatan dalam forum internasional yang berlangsung di luar negeri. Berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan juga cukup banyak baik di lingkup internal Universitas Brawijaya, maupun di lingkup lokal Jawa Timur hingga lingkup Nasional. Di dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP), pengurus himpunan memiliki program yang diarahkan untuk meningkatkan iklim keorganisasian serta kepemimpinan dan peningkatan prestasi akademis maupun non akademis mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ilmiah mahasiswa semakin terasah dengan adanya unit-unit kegiatan yang ada yang membentuk proses pengasahan kemampuan akademis dan skill mahasiswa.Selain unit-unit di atas, tumbuh dan berkembangnya organisasi kemahasiswaan di luar kampus seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan organisasi lainnya yang ada. Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan juga ada yang bergabung dan aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di luar kampus tersebut. Bagi pengembangan bakat mahasiswa di lingkungan Universitas Brawijaya juga terdapat organisasi keolahragaan dan kesenian yang menjadi tempat penyalur dan pengembangan bakat mahasiswa. Prestasi di bidang olah raga dan kesenian juga telah diperoleh mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan. Dari beragamnya organisasi ekstrakurikuler yang ada telah memberikan kesempatan dan wadah bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk berprestasi dan memperkaya kemampuan di luar kegiatan akademis.

3

Pembinaan soft skills

Praktik Kerja Nyata (PKN)

Sebagai salah satu syarat kelulusan, semua mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISP Universitas Brawijaya diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Nyata (PKN). Program Praktik Kerja Nyata ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiwa melakukan kegiatan secara langsung di dunia kerja sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana teori yang dipelajari diaplikasikan di dunia kerja sekaligus mampu meningkatkan skill yang diperoleh selama berada di lingkungan kerja. Tujuan dari dilangsungkannya program Praktik Kerja Nyata (PKN) ini adalah untuk menjadikan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan semakin siap secara teori maupun skill untuk masuk ke dunia kerja. Mahasiswa menentukan sendiri lokasi Praktik Kerja Nyata yang diinginkan menyesuaikan dengan minat dunia kerja yang ingin dimasukinya ke depannya. Mahasiswa dapat melaksanakan Praktik Kerja Nyata antara 1 bulan hingga 3 bulan. Lembaga-lembaga yang selama ini telah menjadi lokasi Praktik Kerja Nyata mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah Kementerian Dalam Negeri, Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Sekretaris Negara, Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat, Partai Politik, Perusahaan Multinasional (contoh: Pertamina), hingga Lembaga Swadaya Masyarakat ditingkat lokal hingga Nasional.

Hingga saat ini pelaksanaan Praktik Kerja Nyata (PKN) setiap mahasiswa diberikan satu dosen Pembimbing. Masing-masing pembimbing melakukan pembimbingan antara 5-10 mahasiswa. Tanggung jawab dosen pembimbing PKN adalah memberikan pengarahan mahasiswa sejak dari proses perencanaan dan penyusunan proposal kegiatan PKN, konsultasi selama berlangsungnya PKN, penyusunan laporan kegiatan PKN serta melakukan pengujian terhadap laporan PKN. Jika dibutuhkan, pembimbing PKN bisa melakukan monitoring langsung dengan mengunjungi tempat PKN. Berbagai proses pendampingan yang dilaksanakan oleh dosen pembimbing PKN ditujukan untuk menjadikan mahasiswa menjalankan PKN yang mampu meningkatkan skill dan penguatan konsep yang dibutuhkan sebagai persiapan masuk dunia kerja.   Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda)

Mahasiswa juga terlibat dalam berbagai kegiatan program studi yang relevan guna memberikan penguatan soft skill mahasiswa. Keterlibatan mereka misalnya dapat dilihat ketika menjadi bagian dari Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda). Partisipasi mahasiswa dalam Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda) dimaksudkan untuk melibatkan mahasiswa tingkat akhir dalam proses pengembangan praktikum, pendampingan dan asistensi kepada mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang memiliki keinginan untuk melakukan penelitian maupaun kegiatan kreatifitas yang lainnya serta juga membangun tradisi diskusi antar mahasiswa yang mulai tereduksi. Dengan adanya kesempatan mahasiswa untuk bekerja sama dengan dosen dalam pengembangan laboratorium, maka transfer pengetahuan dan skill juga terjadi selama proses berlangsungnya kerja sama tersebut.

Kegiatan penelitian maupun pengabdian mahasiswa yang dilakukan oleh dosen juga melibatkan mahasiwa sebagai bagian langsung dari tim penelitian maupun pengabdian dosen. Dengan adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabdian bersama-sama dengan dosen, maka tradisi melakukan penelitian, pengabdian masyarakat maupun pengembangan ilmu yang telah dimiliki oleh dosen akan mudah ditransfer kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa semakin trampil dalam melakukan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat maupun dalam kegiatan pengembangan keilmuan Ilmu Pemerintahan. Laboratorium Pemerintah dan Perencanaan Daerah (Elpedda) selain mengelola kegiatan praktikum juga menjadi jembatan bagi program studi dalam rangka melakukan pembimbingan dan pendampingan kegiatan ilmiah mahasiswa baik dalam kegiatan penulisan karya ilmiah, program kreatifitas mahasiswa maupun kegiatan yang berorientasi pada peningkatan soft skills sebagaimana yang dimaksudkan di atas.

4

Beasiswa

Beasiswa untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan menginduk pada program beasiswa di Universitas Brawijaya. Secara umum kebijakan beasiswa Universitas Brawijaya terdiri dari:1. Penerima beasiswa diklasifikasikan menjadi 3 kategori : 1. Beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu 2. Beasiswa prestasi akademik bagi mahasiswa yang berprestasi 3. Beasiswa prestasi non akademik bagi mahasiswa yang berprestasi non akademik pada level nasional atau internasional atau mahasiswa aktif pada Lembaga Kedaulatan Mahasiswa (LKM) Universitas Brawijaya

2. Pemberi atau sumber beasiswa diklasifikasikan dalam 3 kategori :

1. Beasiswa yang bersumber dari dana direktorat pendidikan tinggi (Dikti), yaitu Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM), Peningkatan Prestasi Akademik/ Non Akademik (PPA), Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM) 2. Beasiswa yang bersumber dari dana Universitas Brawijaya Malang, yaitu UB bebas SPP 3. Beasiswa yang bersumber dari dana perusahaan atau bank atau swasta atau yayasan, misalnya Beswan Djarum, BP Migas, Pertamina, Gudang Garam, Bank Indonesia, BRI dan Astra International. Beasiswa untuk mahasiswa dapat diakses secara Online melalui website http://beasiswa.ub.ac.id yang dikelola secara terpusat oleh Universitas Brawijaya

5

Kesehatan

Poliklinik disediakan untuk mahasiswa serta civitas akademika Universitas Brawijaya dan dikelola oleh pihak Universitas Brawijaya dengan hari buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.00. Besarnya biaya dan hal-hal lain terkait dengan poliklinik sesuai dengan ketentuan pihak Universitas yang tertuang dalam SOP klinik.

6

Asrama

Universitas Brawijaya Malang juga menyediakan asrama bagi mahasiswa sebagai salah satu pelayanan yang diberikan Universitas kepada mahasiswa. Dengan adanya asrama tersebut bagi sebagian mahasiswa tidak kesulitan mencari kos sebab ada alternatif asrama sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya Malang. Selain lokasinya yang strategis karena berada di lingkungan kampus UB dan harga yang murah memiliki fasilitas antara lain, free wifi, ATM BCA, mushola, Koperasi Mahasiswa (Kopma), ruang tamu.

7

Bank

Universitas Brawijaya Malang juga bekerja sama dengan bank-bank nasional dan swasta (Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN dan lain- lain) sebagai upaya mempermudah pelayanan keuangan bagi mahasiswa. Jadi, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh mengurus berbagai hal terkait dengan keuangan mereka karena berbagai sarana perbankan telah tersedia di Universitas Brawijaya Malang seperti: ATM dan Kantor Pelayanan.

8

Masjid

Salah satu sarana pelayanan lainnya yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan adalah Mushola. Sebagai sarana ibadah, masjid penting bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan ibadah. Sebagian mahasiswa juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat berkumpul dan saling berdiskusi misalnya saja untuk unit kerohanian Islamic Social Science Community (ISSC)

9

Laboratorium

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya memiliki laboratorium yang berfungsi sebagai sarana melatih mahasiswa dalam penguasaan metodologi penelitian dalam pengajaran ilmu pemerintahan melalui praktikum di laboratorium, memfasilitasi penelitian dosen dan penelitian mahasiswa dengan peralatan dan program aplikasi penelitian yang ada di laboratorium, misalnya software penelitian kuantitatif dan statistika SPSS yang dibantu dengan aplikasi worksheet excell dan microsoft access.

10

Gedung Olahraga (GOR)

Gedung Olahraga merupakan salah satu fasilitas di Universitas Brawijaya yang dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga oleh mahasiswa. Dibangun atas prakarasa bersama Pertamina, Gedung Olahraga tersebut dibangun diantara gedung Samantha Krida dan Asrama Mahasiswa Universitas Brawijaya.

11

Gazebo

Gazebo merupakan salah satu sarana prasarana yang dimiliki oleh kampus maupun fakultas. Gazebo merupakan tempat yang nyaman untuk mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar, mengerjakan tugas- tugas kuliah, diskusi dan menjelajahi informasi serta pengetahuan melalui internet. Keberadaan gazebo yang nyaman untuk aktivitas mahasiswa dilengkapi dengan stop kontak, free area hotspot dan meja kursi.

12

Wifi Internet Acces

Salah satu fasilitas utama yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya maupun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) adalah akses internet nirkabel atau wifi. Kapasitas bandwith per mahasiswa FISIP saat ini adalah 20 – 40 Kbps, semua lokasi fakultas juga telah tersambung dengan wifi baik di gedung baru maupun di gedung kuliah bersama (13 hotspot area). Mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan menggunakan akun yang mereka peroleh ketika menjadi mahasiswa baru dan terintegrasi dengan Sistem Akademik Mahasiswa (SIAM) dan Brawijaya Authentication and Identification System (BAIS)

13

Kantin

Salah satu fasilitas yang ada di kampus dan selalu dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah kantin. Keberadaan kantin ini selain untuk tempat makan, mahasiswa juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat berdiskusi.

14

Rumah Pintar

Rumah Pintar merupakan salah satu fasilitas yang dibangun melalui prakarsa antara Universitas Brawijaya dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Rumah Pintar tersebut berlokasi tepat disebelah kiri Samantha Krida dan dibangun di atas tanah seluas 400m² dengan bangunan 2 lantai seluas 400m². Keberadaan rumah pintar ini merupakan bentuk pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dalam menyediakan fasilitas baca dan pendidikan informal bagi anak- anak. Rumah pintar juga dimanfaatkan mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan- kegiatan pengabdian masyarakat misalnya pendidikan baca dan tulis bagi anak- anak jalanan.

15

Parkir Area

Salah satu fasilitas yang wajib dan sudah dimiliki oleh Universitas Brawijaya adalah parkir area. Keberadaan parkir yang cukup luas di setiap fakultas sangat menunjang terciptanya kondisi kampus yang tertib dan teratur. Fasilitas parkir area ini diperuntukkan untuk mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya.

16

Ruang Lobi/ Hall Gedung FISIP Lantai 7

Ruang Lobi atau Hall Gedung FISIP Lantai 7 merupakan salah satu sarana prasarana yang dimiliki oleh gedung FISIP. Ruang Lobi atau Hall Gedung FISIP Lantai 7 biasa dimanfaatkan untuk kegiatan pertemuan- pertemuan atau diskusi mahasiswa.

17

Perpustakaan

Perpustakaan Brawijaya merupakan salah satu Program Cakupan Universitas (Institutional Support System) yang berfungsi mendukung program akademik universitas yang tertuang dalam “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa peran perpustakaan dalam hal mendukung proses pendidikan antara lain adalah memberikan informasi, mengkoordinasikan dan menggabungkan semua bentuk layanan untuk meningkatkan proses belajar mengajar, penelitian dan layanan umum. Pada akhirnya tujuannya adalah tercapainya proses peningkatan kualitas lulusan dalam hal pengembangan wawasan dan penguasaan keilmuannya. Saat ini perpustakaan memiliki koleksi sejumlah 2.463 judul untuk 3.460 copy, diantaranya terdapat 1.025 jurnal serta 2 judul penelitian. Adapun untuk jenis bahan pustaka yang tersedia di ruang referensi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdapat 988 judul buku dan 46 jurnal, sejumlah 61 judul buku teks dan 76 copy yang sesuai dengan bidang Ilmu Pemerintahan.

18

Ruang Baca

Ruang Baca merupakan bagian dari program cakupan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya yang keberadaanya untuk menunjang kegiatan akademik serta penelitian dan layanan umum. Tujuan dari penyediaan ruang baca Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya adalah meningkatkan kualitas lulusan dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan penguasaan keilmuan. Saat ini ruang baca memiliki koleksi sejumlah 99 judul, 24 copy dan 4 jurnal.

19

Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP

Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP merupakan salah satu tempat di gedung FISIP yang cukup representatif dengan ukuran yang cukup luas. Ruang Pertemuan Lantai 7 Gedung FISIP ini banyak digunakan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan seminar- seminar dan kuliah tamu yang diselenggarakan oleh mahasiswa ataupun program studi.

20

Job Placement Cent er (JPC)

Universitas Brawijaya

Job Placement Centre (JPC) adalah lembaga yang didirikan di tingkat universitas sebagai tempat penyedia informasi tentang lowongan kerja semua Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya.JPC melakukan kerja sama dengan pihak event organizer bursa kerja untuk melakukan kegiatan pameran bursa kerja dan rekrutmen tenaga kerja bagi lulusan Universitas Brawijaya. Karena reputasinya, JPC juga menerima berbagai permintaan kerjasama dari institusi dan perusahaan yang sedang merekrut pegawai atau karyawan untuk melaksanakan proses rekrutmen pegawai dengan spesifikasi khusus lulusan Universitas Brawijaya