Manual Prosedur

MANUAL PROSEDUR

PRAKTIK KERJA NYATA

Tujuan
Memberikan pedoman atau acuan kepada mahasiswa dalam Mata Kuliah Praktik Kerja Nyata (PKN). Selain itu, prosedur ini memberikan petunjuk permohonan, penyusunan laporan Praktik Kerja Nyata (PKN) sehingga Proses Belajar Mengajar (PBM) di institusi Program Studi Ilmu Pemerintahan tetap optimal.

Pihak-Pihak Yang Terkait:
1. Ketua Program Studi
2. Dosen Pembimbing PKN
3. Mahasiswa
4. Staf Administrasi

Dokumen, Formulir Meliputi:
1. Formulir pendaftaran Praktik Kerja Nyata (PKN)
2. Transkrip Nilai Akademik (Minimal 100 SKS)
3. Naskah Proposal Praktik Kerja Nyata (PKN)
4. Kartu Pembimbingan PKN (Minimal: 5 kali pertemuan konsultasi)
5. Naskah Laporan PKN (Minimal 2 eksemplar)
6. Lembar Penilaian Laporan PKN

Mekanisme dan Prosedur:
Mahasiswa:
1. Mahasiswa harus memastikan lokasi atau tempat PKN;
2. Mahasiswa mengambil, dan mengisi formulir permohonan Praktik Kerja Nyata (PKN) kemudian diserahkan kepada ketua program studi;
3. Mahasiswa menerima dosen pembimbing PKN;
4. Mahasiswa menghubungi dosen pembimbing PKN;
5. Mahasiswa harus mengurus surat tugas pembimbngan PKN dari fakultas;
6. Mahasiswa memulai pembimbingan pembuatan proposal PKN;
7. Mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Nyata (PKN);
8. Mahasiswa harus tetap melakukan konsultasi PKN meskipun sedang melaksanakan PKN;
9. Mahasiswa melakukan penulisan Laporan PKN;
10. Mahasiswa melakukan pendaftaran ujian PKN jika dosen pembimbing menilai layak untuk ujian laporan PKN;
11. Mahasiswa melakukan revisi laporan PKN jika ada revisi;
12. Mahasiswa menjilid laporan PKN;

Ketua Program Studi:
1. Memberikan persetujuan dalam formulir permohonan PKN;
2. Memimpin rapat penentuan dosen pembimbing PKN;
3. Mengusulkan surat tugas kepada fakultas terkait dosen pembimbing PKN;

Dosen Pembimbing PKN:
1. Memberikan arahan terkait dengan proposal dan laporan PKN;
2. Melakukan monitoring dan evaluasi kepada mahasiswa bimbingannya ketika mahasiswa yang bersangkutan dalam masa PKN;
3. Memberikan penilaian pada laporan PKN;

Staf Administrasi:
1. Melakukan verifikasi dokumen administratif dan akademis terkait pemohonan ujian laporan PKN;
Adapun dokumen tersebut antara lain:
• Pengisian formulir pendaftaran ujian laporan PKN;
• Naskah laporan PKN;
2. Menyiapkan dokumen pendukung untuk ujian laporan PKN;
3. Mengatur jadwal ujian laporan PKN;
4. Membuat undangan ujian laporan PKN kepada dosen pembimbing dan dosen penguji;
5. Mengarsip lembar penilaian, lembar revisi, daftar hadir dosen untuk penguji PKN.

 

 

MANUAL PROSEDUR

SKRIPSI

Tujuan
Memberikan pedoman atau acuan kepada mahasiswa dalam Mata Kuliah Skripsi. Selain itu, prosedur ini memberikan petunjuk pendaftaran, penyusunan skripsi sehingga terwujud tertib administrasi dokumen skripsi.
Pihak-Pihak Yang Terkait:
1. Ketua Program Studi
2. Dosen Pembimbing Skripsi
3. Mahasiswa
4. Staf Administrasi

Dokumen, Formulir Meliputi:
1. Print out Biodata Mahasiswa
2. Lembar Perincian Dokumen
3. Transkrip Nilai Akademik dari Semester I-Terakhir (Minimal 110 SKS)
4. Fotocopi Sertifikat TOEIC (Legalisir dan menujukkan sertifikat asli)
5. Kartu Mengikuti Seminar Proposal Skripsi (Minimal: 15 kali kehadiran)
6. Kartu Pembimbingan Skripsi (Minimal: 10 kali pertemuan konsultasi
7. Naskah Skripsi (Minimal 5 eksemplar)
8. Lembar Persetujuan Seminar Dari Dosen Pembimbing Skripsi
9. Lembar Revisi Skripsi
10. Lembar Penilaian Skripsi Untuk Dosen Penguji Skripsi
11. Daftar Hadir Penguji Skripsi

Mekanisme dan Prosedur:
Mahasiswa:
1. Mahasiswa mengambil, mengisi formulir pengajuan skripsi;
2. Mahasiswa harus menyerahkan formulir pengajuan skripsi tersebut kepada ketua program studi;
3. Mahasiswa menghubungi dosen pembimbing skripsi setelah dosen pembimbing tersebut ditentukan oleh program studi;
4. Mahasiswa memulai pembimbingan pembuatan proposal skripsi;
5. Mahasiswa melakukan pendaftaran untuk seminar prososal skripsi jika telah disetujui (layak) oleh dosen pembimbing skripsi;
6. Mahasiswa tetap melakukan pembimbingan proposal skripsi jika belum disetujui (layak) oleh dosen pembimbing untuk seminar proposal;
7. Mahasiswa melakukan penelitian (riset) skripsi;
8. Mahasiswa melakukan penulisan hasil penelitian skripsi;
9. Mahasiswa melakukan pendaftaran permohonan ujian skripsi setelah dosen pembimbing menyetujui untuk ujian skripsi;
10. Mahasiswa melakukan revisi skripsi setelah mendapat masukan dari dosen penguji;
11. Mahasiswa tetap berkonsultasi selama dalam penyelesain revisi skripsi dengan dosen penguji;
12. Mahasiswa menyelesaikan skripsinya setelah revisi skripsinya dikonsultasikan dengan dosen pembimbing telah selesai.

Ketua Program Studi:
1. Memberikan persetujuan dalam formulir pengajuan skripsi dari mahasiswa;
2. Memimpin rapat penentuan dosen pembimbing skripsi;
3. Memberikan persetujuan kepada mahasiwa untuk melaksanakan seminar proposal skripsi dan seminar hasil /ujian akhir skripsi;
4. Mengusulkan surat tugas kepada fakultas terkait dosen pembimbing dan dosen penguji skripsi.

Dosen Pembimbing Skripsi:
1. Memberikan arahan, nasihat terkait dengan proposal skripsi yang diajukan oleh mahasiswa bimbingannya;
2. Memberikan konsultasi kepada mahasiswa dalam pembimbingan skripsi;
3. Memberikan arahan kepada mahasiswa bimbingannya ketika seminar proposal skripsi;
4. Melakukan monitoring dan evaluasi kepada mahasiswa bimbingannya ketika mahasiswa yang bersangkutan dalam penelitian (riset) skripsi;
5. Melaksanakan ujian akhir atau seminar hasil skripsi kepada mahasiswa bimbingannya sesuai dengan jadwal dari program studi;
6. Mengisi lembar revisi skripsi jika diperlukan;
7. Memberikan penilaian pada lembar penilaian skripsi;
8. Memberikan persetujuan jika revisi sudah selesai.

Staf Administrasi:
1. Melakukan verifikasi dokumen administratif dan akademis terkait pemohonan ujian akhir skripsi mahasiswa;
Adapun dokumen tersebut antara lain:
• Transkrip Nilai Akademik sebagai bukti telah lulus teori;
• Fotocopi Kartu Rencana Studi (KRS) sebagai bukti telah memprogram skripsi;
• Menyerahkan kartu bimbingan skripsi
• Menyerahkan dokumen skripsi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing.
2. Apabila layak atau memenuhi syarat maka staf akademik mencatat pengusul (mahasiswa) ujian akhir skripsi dalam daftar pengusul ujian akhir skripsi kepada sekretaris program studi.
3. Menyiapkan dokumen pendukung untuk seminar hasil (ujian akhir skripsi) antara lain: daftar hadir penguji, lembar revisi skripsi dan lembar penilaian akhir skripsi
4. Mengatur jadwal ujian akhir skripsi
5. Membuat undangan ujian skripsi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji
6. Mengumumkan jadwal ujian akhir skripsi
7. Mengarsip lembar penilaian, lembar revisi, daftar hadir dosen untuk penguji skripsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *